Enggak berasa liburan gue
semester gue udah habis, gue pun harus kembali ke kota industri tempat dimana
gue menimba ilmu. Gue juga harus kembali ke kosan tempat dimana gue dan ketiga
temen bernaung selama di perantauan. Kangen juga setelah melewati 2 minggu
tanpa mereka.
Manusia pertama yang nyampe kosan
adalah si Otong, yang kedua gue, ketiga Kodrat dan yang terakhir adalah Bahong.
Kami saling berbagi cerita tentang pengalaman liburan. Rata-rata dari mereka
cuma ngabisin liburan dengan main laptop, nonton film di laptop, denger musik
di laptop, dan main game di laptop.
Tiep orang menceritakan game yang
mereka mainkan. Mulai dari Otong yang hanya main game dengan tingkatan dan
kualitas yang biasa aja, sampe Bahong yang main game dengan tingkatan grafik
dan kualitas tinggi serta memiliki kapasitas yang besar pula, tapi masih dalam
kategori game offline. Berbeda dari Otong dan Bahong, Kodrat punya selera game
yang tak biasa. Selama liburan, dia main game online yang berjudul “RF Online”.
Otong yang biasa main game dengan
tingkatan biasa, langsung pengen nyoba game yang ada di laptop Bahong. Dia cuma
butuh waktu 3 hari buat nyelesein game itu. Selebihnya dia pun bosan, pengen
nyoba game yang lain lagi. Nah disini lah Kodrat mengambil perannya, menghasut
Otong biar ikut main game yang dia mainkan. Otong pun terhasut, soalnya laptop
nya masih bisa “nampung” game dari Kodrat.
Disini lah awal dari semuanya
terjadi. Kodrat sama Otong asik main game online mereka, Bahong masih asik main
game “besar” yang ada di laptop nya. Kalo game nya udah tamat, dia install game
“besar” yang lain lagi. Gitu terus sampe stok game nya habis. Sedangkan gue,
diem, nontonin mereka main game.
Bukannya gue gak suka main game,
gue cuma gak masuk ke “lembah hitam yang dulu”. Berhubung gue orangnya cepet
bosen, jadi kalo udah bosen ngeliatin “kedieman” mereka di bawah, gue naik ke
atas. Ngapain? Tidur.
Hari terus berlalu, mereka masih
aja asik main game. Bahkan Bahong jadi sering bolos kelas. Kodrat sama Otong jadi
males keluar kosan. Gue? Jadi sering diem di atas. Ngapain? Tidur.
Semakin hari sikap Kodrat sama
Otong udah semakin berubah. Yang dulunya sering ngobrol berempat, jadi cuma
ngobrol berdua doang, iya ngobrolin game mereka. Gue sama Bahong (yang akhirnya
udah bosen sama game nya) cuma bisa ngedengerin obrolan mereka yang sama sekali
kita gak ngerti.
Pernah suatu hari gue ngajakin
Kodrat sama Otong buat nyari makan malem. Itu kira-kira jam 9 malem.
“makan yuk, tar lanjutin lagi
ngegame nya”, ajak gue.
“oke, Dul. Tunggu bentar ya,
masih war nih”, kata Kodrat.
Oke gue akhirnya harus nungguin
mereka kelarin “war” nya.
30 menit kemudian gue nanya lagi,
“ayok makan sekarang lah, tar pada tutup semua tempet makan”
“bentar, tinggal 6% nih mau
kelar”, saut si Otong.
Gue masih sabar nungguin mereka.
45 menit pun berlalu. Dan 6% ini
masih belum kelar juga. Gue udah gak sabar. Gue laper. Gue ganteng.
“6% nya udah belum? Gue udah
laper nih”, tanya gue yang udah bener-bener kelaperan.
“bentar lagi, Dul. Udah 2% nih”,
Kodrat menjawab pertanyaan gue.
Disini kesabaran gue udah habis.
Bukan karena gue laper, atau karena gue ganteng, tapi karena 2 makhluk yang
terlalu asik sama “dunia game” mereka yang jadiin mereka gak peduli sama
keadaan sekitarnya.
15 menit setelah kesabaran gue
habis, “udah kelar nih, Dul. Jadi makan gak?”, ucap Kodrat.
“yaudah lu makan lah, gue udah
gak laper lagi”, kata gue sambil naik ke atas. Ngapain? Tidur.
-------
Cerita yang diatas hanya sebagian
kecil dari curahan hati gue tentanf perubahan yang terjadi diantara temen-temen
baik gue yang diakibat oleh kemajuan teknologi yang menjerumuskan mereka dan
memunutp mata serta telinga mereka dari dunia luar. Gilee ini bisa jadi judul
skripsi.
Kali ini gue mau ngebahas tentang
perkembangan dunia yang bikin anak-anak muda seperti gue jadi ansos
(anti-social).
1. 1. Perbedaan
dulu dan sekarang
Dulu ketika gue
masih SD, pipi gue masih temben, hampir tiep hari kerjaan gue cuma main, main,
dan main. Tiep pulang sekolah gue balik ke rumah cuma sekedar ganti baju, terus
pergi ke rumah temen.
Sampe di rumah
temen, gue mainin permainan yang lagi “musim”. Biasanya tiep 3 bulan sekali,
permainan yang kita mainkan bakal berubah. Mulai dari main kelereng, main
layang, main bola, main bulu tangkis, main main. Pokoknya segala jenis
permainan tradisional hampir semua pernah gue mainkan.
Dulu pun kalo
mau ke rumah temen tinggal jalan ke rumah nya, terus panggil dia deh kalo udah
di depan.
Beda dengan
sekarang, gue ke rumah temen aja yang jarak gak nyampe 500m, itu udah pake
motor. Manggil dia nya pun udah gak kayak dulu lagi, kalo gak chat, sms, ya
telpon.
Permainan kita
pun udah gak kayak dulu lagi. Berbeda sangat jauh.
Yang dulunya
deket, sekarang jadi semaki jauh. Udah makin sibuk dengan kesibukan
masing-masing. Jadi jarang ketemu. Sekalinya ketemu, itu pun di masjid pas
solat Jumat.
2. 2. Handphone
Semenjak gue
kuliah di luar pulau, gue jadi jarang ketemu temen-temen gue. Ini lah yang
jadiin handphone (hp) menjadi sarana penghubung kami. Mulai dari sms, telpon
ato pun social media. Itu dalam fungsi positif nya.
Dalam fungsi
negatif nya, hp juga yang memutuskan ikatan diantara gue dan temen-temen gue.
Tiep gue liburan, terutama pas libur lebaran, dimana temen-temen gue yang
kuliah di luar maupun di kota asal gue libur, gue selalu pulang. Libur kali ini
gue manfaatin buat ngumpul bareng temen-temen gue.
Tapi anehnya,
tiep kumpul kita selalu sibuk sama hp masing-masing. Padahal ngumpul bisa
lengkap gini baru bisa kewujud setahun sekali. Semua kepala nunduk. Ngapain?
Nyari koin? Bukan, semua pada main hp.
Suasanya udah
kayak di kuburan. Hening. Tiba-tiba tar ada yang ketawa aja. Bukan kuntilanak,
tapi temen gue yang habis buka 9gag ato akun lucu lainnya yang tersedia di
instagram.
Dulu sebelum
social mengambil alih perhatian temen-temen gue, sebelum makan kita selalu doa
bareng. Tapi sekarang setelah perhatian temen-temen gue diambil alih oleh
social media, sebelum makan foto dulu, terus diupload deh.
3. 3. PES (Pro Evlution Soccer)
Dari semua
kecanggih dunia dalam menciptakan berbagai game, mulai dari yang offline sampe
yang online, gue bener-bener bersukur game ini diciptakan. Kenapa? Soalnya dari
semua game, game ini yang paling bisa nyatuin kita lagi.
Ketika dulu gue
main ke Jogja ke tempet temen gue yang kuliah di sana, hampir tiep hari gue
main pes bareng dia dan temen-temen kosan ato temen-temen kuliahnya. Ketika
main game ini, banyak terjadi komunikasi diantara kita. Entah itu cuma buat
ngejek ato bahkan ngedukung yang lagi main.
Pas gue pulang ke
Mataram pun begitu. Yang ketika nongkrong diluar pada asik sama hp nya
masing-masing, pas udah nyampe rumah Rabiul, PES lah yang bikin kita
berkomunikasi kembali.
------
Intinya, semakin berkembang dan
majunya dunia, semakin banyak pula dampak positif yang dihasilkan, tapi banyak
pula dampak negative nya. Semua tergantung dari cara kita menyikapinya. Mau
ngambil positif ato negative nya?
#dipaksakomen
ReplyDelete#dipaksakomen
ReplyDelete